Pages

Subscribe:

Selasa, 24 Maret 2015

Kegiatan APHOS Oleh Siswa SMKN 1 Pogalan

Sebagai bentuk peran serta serta pelajar dalam mendukung program penghijauan oleh pemerintah, maka pada tanggal 11 Januari 2015 yang lalu diadakan kegiatan APHOS (Adopsi Pohon Oleh Siswa) oleh siswa - siswi SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Kegiatan ini hasil kerjasama Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan serta Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek.

Program APHOS ini bertujuan untuk lebih menekankan arti pentingnya serta kecintaan khususnya para pelajar akan alam di sekitar mereka, agar selalu menjaga dan merawatnya dan tidak sekedar menanam saja. Perlu dibedakan antara kegiatan penghijauan dan aphos ini, dalam kegiatan aphos ini pelajar setelah melakukan kegiatan menanam harus terus merawat dan menjaganya agar supaya kelangsungan hidup pohon yang ditanam bisa terjamin.

Adapun jenis pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut antara lain : pohon ketapang, manggis, sukun, trembesi, dan masih banyak lagi. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Kelapa Dinas Dispertahutbun Ir. Joko Surono dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bapak Kusprigianto. 

                       Kadin Dispertahutbun Bapak Ir. Joko Surono memberikan sambutan dalam kegiatan APHOS


                                                                    Pembukaan Kegiatan APHOS 2015

    Kecintaan dan kesadaran akan pentingnya kelestarian alam sekitar memang perlu ditanamkan sejak dini, agar para pelajar dapat memelihara tanaman sebaik mungkin. Banyaknya penebangan liar yang marak menyebabkan Indonesia mengalami lahan kritis akibat banyak pohon yang mati/hilang. Dari hal kecil kita bisa membuat hal yang besar, dari pohon kecil bisa menjadi pohon besar yang nantinya bisa menjadi sangat berguna, perluas program 1 orang tanam 1 pohon, maka di masa depan Indonesia akan kembali menjadi paru - paru dunia lagi, Amin.

                                             Jika menanam dijadikan sebagai hobby, maka akan lebat lagi hutan Indonesia

                                                  Siswa putri sedang bersiap menanam pohon

                          Diselingi dengan acara permainan untuk melatih kekompakan dan kerjasama dalam tim

Disamping kegiatana menanam tersebut, juga diadakan acara lomba outband diantara para siswa, kegiatan tersebut menambah meriah kegiatan APHOS tahun 2015 kali ini.
Tujuan diadakan kegiatan outbond adalah antara lain : pengembangan tim, pengembangan kepemimpinan, pengelolaan perubahan dsb (sumber : kiranagroup.com).

 


Pemberian piala dan sertifikat kepada siswa pemenang kegaiatan outbond

Akhir kata semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat sebaik - baiknya bagi para siswa serta semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Sampai jumpa di kegiatan APHOS tahun depan, SALAM LESTARI HUTAN!




0 komentar:

Posting Komentar